Wednesday 8 May 2013

KEKUATAN SEORANG WANITA


Ketika seorang wanita menangis bukan berarti ia cengeng dan ingin terlihat lemah, tapi ia sedang mengeluarkan senjata terakhirnya karena pertahananya sudah tak sanggup lagi membendung air matanya dan dengan kelembutan hatinya ia tak sanggup lagi berpura - pura untuk menjadi kuat.
Itulah kekuatan seorang wanita yang terlihat seperti rutinitas yang biasa saja dan sering terlupakan tapi bernilai sangat tinggi , ia melakukanya tanpa mengharap pujian dan penghargaan tapi semata - mata karena sudah menjadi kodrat bagi seorang wanita. Dan sangat di ragukan apabila seorang pria dapat melakukanya.
Wanita sering menangis tanpa alasan — itu yang sering aku dengar, juga aku alami sendiri. Aku seorang wanita, makanya aku mengerti.

Tak jarang aku merasa lelah….bukan hanya lelah fisik, tapi juga lelah pikiran yang akhirnya mengarah pada kejenuhan batin. Tanpa tahu penyebabnya. “Aku capek!!!!”, desisku berulang-ulang seakan hendak mengusir galau yang sedang menggelayut di jiwa.

Ingin rasanya aku melepas semua rutinitas dengan berlari-lari kencang mengelilingi padang rumput yang hijau, atau sekedar berbaring di bawah pohon rindang untuk mengencangkan otot punggung

Dan aku heran, karena tiap hari, toh, aku tetap saja terus melalui hari-hariku. Mejalankan tugasku seperti biasa, tanpa ada rehat atau jedah seperti yang aku selalu bayangkan. Menjinjing tas kantor setiap pagi lalu tenggelam dalam tumpukan kertas dan dering telpon. Pulang sore, sudah disambut oleh sederet daftar pending items di rumah yang hanya bisa dilakukan oleh kodratku sebagai seorang wanita, ibu dan istri. Often do I ask myself “Dimana sebenarnya rasa letih dan capekku tadi?”. I do not have any idea to reply

Till one day I understand. Why can I manage to lead my life this way?. Ternyata saat jedahku, masa rehatku ataupun jam istirahat(batin)ku adalah ketika aku sedang duduk bersimpuh di bawah kakiNya sambil mensyukuri semua yang sudah Dia percayakan dalam genggaman tanganku. Mereka adalah suamiku, anak-anakku, keluargaku, pekerjaanku dan masih banyak lagi, termasuk teman dan sahabat-sahabatku. Di situ aku merasa tenang. Di situ aku mendapatkan keteduhan. Tenaga dan kekuatan baru seakan mengalir kesetiap sel darah dalam tubuhku, saat doa syukur terucap dari bibirku
Yang aku perlu sekarang, Aku harus meng-upgrade dan sedikit “memoles” diri untuk terus bersemangat, sesuai saran teman

  • Strong Personality
Siapapun dia, yang namanya wanita, baik muda maupun tua, mereka pasti selalu ingin tampil cantik dan menawan. Tak sedikit waktu, tenaga maupun uang rela dikorbankan demi sebuah penampilan agar terlihat eksis dan diterima dalam komunitasnya. Itu sih sah-sah saja, karena wanita memang harus cantik.

Dan kecantikan itu makin akan terlihat ketika kita jauh dari sifat angkuh, dendam, sirik dan mudah sakit hati. Kekuatan yang baru akan kita dapatkan ketika kita mau belajar untuk memiliki empati, kerendahan hati dan “teposliro” atau tenggang rasa yang tinggi, namun tetap tidak meninggalkan prinsip iman yang menjadi dasar hidup kita. Tampak sederhana dan basic banget, bukan?. Tapi ini sering terlupakan dan sebenarnya inilah yang menjadi trigger buat wanita untuk tetap kuat.

  • Penguasaan Diri
Wanita dikenal sebagai mahluk yang emosional, sensitive dan cengeng. Lalu apakah ini merupakan titik kelemahan seorang wanita? – I can bet…No!!! Karena sebenarnya Tuhan memberikan satu anugerah lebih buat kita, wanita. Kita memiliki intuisi yang lebih kuat dari pria. Selama kita mau belajar untuk mengendalikan diri dan perasaan kita. Kita tahu kapan harus berbicara dan kapan harus menahan kata. Mampu menjadi pendengar yang baik dan menyimpan rahasia orang yang dipercayakan pada kita. Mampu merangkai kata yang dapat mendinginkan keresahan teman bicara kita

Penguasaan diri ini juga akan sangat teruji ketika kita mampu memposisikan diri kita sebagai seorang istri yang tunduk dan menaruh hormat pada suami, apapun keadaannya, (Jangan ditawar ya..!) serta menjadikan dia sebagai imam dan puncuk pimpinan dalam keluarga. Isn’t it a very extraordinary strength of a woman, if we can manage to do so?. It’s not easy, I know…tapi ini adalah dasar dari kekuatan seorang wanita
  • Hati yang Terbuka
Ini akan terjadi ketika kita selalu bersemangat dalam menjalani hari-hari kita. Hati yang gembira dan penuh suka cita, akan membawa satu aura positif bagi orang-orang di sekitar kita. Ketika kita bisa menjadi teman berbagi saat mereka ada masalah, maka kekuatan dan dorongan semangat penghiburan yang keluar dari mulut kita itu akan berbalik kembali dan menjadi kekuatan baru juga buat diri kita sendiri.

Orang akan merasa nyaman pada kehadiran kita, karena kita tidak meng “eksklusif” kan diri seakan kita orang paling penting yang harus didahulukan. Dengan membuka hati dalam segala kerendahan dan kesederhanaan jiwa, maka energy baru akan mengalir masuk menyertai setiap kegiatan kita
Aku ingin menghimbau buat semua kaumku, siapapun dia, semua wanita yang membaca ini, untuk terus bergairah dan penuh semangat, karena Tuhan telah berkenan menciptakan dan memilih kita sebagai seorang wanita, bukan tanpa tujuan. Dia mau menjadikan kita sebagai penolong buat suami, pengayom buat anak-anak dan tiang doa bagi keluarga.

0 comments:

Post a Comment